Rapat Anggota Tahunan Kokarga Tahun 2018

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas nikmat sehat, nikmat iman dan atas segala nikmat yang diberikan. Atas rahmat dan perlindungan-Nya lah Kokarga dapat menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) XXVII KOKARGA Tahun Buku 2017 pada tanggal 5 April 2018.

Beberapa hal penting dalam perjalanan Kokarga pada tahun 2017, diantaranya :

  1. Pelaksanaan RAT Tahun buku 2016 dan Pembagian SHU Tahun buku 2016 pada bulan Maret s.d Mei 2017
  2. Grand opening Mini Market GITC pada tanggal 15 Mei 2017,
  3. Perpindahan KPP terdaftar Kokarga dari Kemayoran ke Tangerang Barat
  4. Kegiatan promosi/event: Kokarga Expo pada 22 s.d 24 Mei 2017, Bazar pada setiap akhir bulan di Gedung Serba Guna GMF, Bakti sosial ramadhan, penyembelihan hewan qurban, Gebyar Hadiah Kokarga periode Agustus s.d Nopember 2017, Undian Mini Market, dan Seminar entrepreneurship bekerjasama dengan Human Capital PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.
  5. Study banding ke KWSG dan melaporkan hasilnya kepada pembina Kokarga (JKTDI) untuk pengembangan Kokarga
  6. Pembelian armada baru Transkokarga untuk meningkatkan performance layanan dan profitabilitas usaha antar jemput.
  7. Penghargaan dari Kementrian Koperasi dan UKM RI kepada Kokarga sebagai Koperasi Skala Besar Nasional Tahun 2017 pada tanggal 30 Oktober 2017, yang diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi  dan UKM RI, Bapak AAGN Puspayoga kepada Pengurus Kokarga.

Laporan keuangan Kokarga tahun 2017 diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Krisnawan, Nugroho & Fahmy dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian, yang menandakan laporan keuangan Kokarga memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. Auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, Kokarga telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik.

Bahwa secara kinerja keuangan pencapaian tahun 2017 masih dibawah target anggaran, oleh karenanya dukungan berbagai pihak terutama Anggota sebagai pemegang kekuasaan tertinggi sangat diharapkan. Semoga rasa memiliki, rasa cinta terhadap koperasi tertanam dalam jiwa anggota, partisipasi anggota sangat penting untuk kemajuan Kokarga.

RAT 2018 menghasilkan keputusan diantaranya:

  1. Mengesahkan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke XXVII Kokarga tanggal 5 April 2018 yang ketetapan dan keputusannya mengikat bagi seluruh anggota Kokarga.
  2. Menerima Laporan pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas tahun buku 2017 dan membebaskan Pengurus dan Pengawas Kokarga tahun 2017 atas laporan keuangan yang telah diaudit Kantor Akuntan Publik (KAP) Krisnawan, Nugroho dan Fahmy sejauh tercantum dalam laporan pertanggung-jawaban Pengurus dan Pengawas Kokarga tahun 2017.
  3. Menerima dan menyetujui Pembagian SHU KOKARGA tahun buku 2017 kepada anggota paling lambat 1 (satu) bulan setelah pelaksanaan RAT.
  4. Menerima dan menyetujui Pembagian Simpanan Khusus tahun buku 2017 sesuai ART BAB X Pasal 92 kepada anggota, paling lambat 1 (satu) bulan setelah pelaksanaan RAT.
  5. Menerima dan menetapkan Program Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Kokarga (RAPBK) tahun 2018 dengan kenaikan pendapatan usaha 13% dan beban pokok 8% dari realisasi tahun 2017.
  6. Menyetujui penyesuaian simpanan wajib anggota menjadi minimal Rp 75.000,- per bulan mulai bulan Mei 2018.
  7. Melakukan diversifikasi usaha dibidang properti, jasa related cargo, transportasi dan jasa SDM.
  8. Ekspansi kerjasama antar institusi dan koperasi baik internal maupun eksternal.
  9. Optimalisasi penyertaan modal Kokarga pada badan usaha yang melibatkan anggota Kokarga.
  10. Perusahaan induk diharapkan memberikan keleluasaan waktu untuk Pengurus dan Pengawas Kokarga dalam rangka meningkatkan kinerja Kokarga.
  11. Menyetujui pembiayaan dana talangan pesangon bagi karyawan yang akan pensiun maksimal 2 (dua) tahun dengan syarat dan ketentuan berlaku.
  12. Membentuk panitia pemilihan Pengurus dan Pengawas periode 2019-2022.

Dengan keputusan-keputusan tersebut, diharapkan kinerja operasional dan keuangan Kokarga pada tahun 2018 dapat lebih meningkat lagi untuk memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi anggota.

Kembali keatas